Selasa, 20 Desember 2011

Detective School Q



  Detective School Q atau Tantei Gakuen Q adalah manga karya Fumiya Satou dan Amagi Seimaru. Bercerita tentang sekolah Detektif yang bernama Dan Detective School (DDS). DDS adalah sekolah detektif yang paling ternama di Jepang yang dibentuk oleh seorang detektif swasta bernama Morihiko Dan. Berikut adalah beberapa info tentang DDS:

  Q CLASS
  Q Class aadalah kelas khusus yang dibentuk Morihiko Dan untuk mencari calon penerusnya. Kelas ini berada di gedung yang berbeda dari kelas-kelas lain. Gedung yang digunakan adalah salah satu dari 9 gedung milik seniman misterius yang terkenal yaitu Takumi Kuzuryu. Morihiko Dan hanya membatasi 5 orang untuk masuk ke q class. Dan berikut adalah 5 orang tersebut:

1. KYU RENJO (連城究)
 
    Nama panggilan : Kyu 
    Umur : 14 tahun
    Warna rambut : hitam kehijauan
    Tinggi badan : 154 cm
    Kyu memiliki daya analisis yang lumayan hebat. Dia adalah satu-satunya murid DDS yang bisa masuk DDS dengan hanya menjawab 1 soal dalam ujian tertulis. Selain itu ia juga satu-satunya siswa DDS yang datanya tidak bisa dicari di internet karena memang keluarganya biasa-biasa saja. Ia tinggal hanya bersama ibunya. Ia sama sekali belum pernah melihat ayahnya. Kyu atau Q ingin masuk ke DDS karena ia teringat pada paman detektif yang menolongnya saat ia masih kecil. Paman detektif itu menyelamatkannya saat ia diculik, dan sejak saat itu paman detektif itu menjadi orang pertama yang ia kagumi (Kyu tidak tau kalau sebenarnya paman detektifnya itu adalah ayah kandungnya). Kyu adalah anak yang periang, bisa berubah ekspresi dengan cepat. Kemampuan Kyu adalah analisanya yang sangat cepat dan tekniknya yang tidak terburu-buru. Ia jugalah yang paling sering mengandalkan buku saku DDS dan buku pemberian Satoru Renjo. Ucapan khas Kyu adalah "Jawabannya hanya ada satu!" setelah memecahkan suatu kasus seperti halnya ucapan Kindaichi, "Semua teka-teki telah terpecahkan!"

2. MEGUMI MINAMI (美南恵)
     Nama panggilan : Meg
     Umur : 14 tahun
     Warna rambut : pink
     Tinggi badan : 163 cm
     Meg adalah satu-satunya perempuan di dalam Q class. Meg pernah belajar di Tokyo National Talent Development Research Center atau Pusat Penelitian Pengembangan Bakat Nasional di Tokyo bersama Yutaka Saburomaru. Sebenarnya, di sana ia telah bertemu dangan Ryu Amakusa, tetapi ingatannya telah dihapus melalui hipnotis oleh King Hades walaupun akhirnya dapat dipulihkan kembali dengan kata kunci penghilang hipnotis oleh Morihiko Dan. Kini, Meg tinggal bersama kakaknya, sedangkan orantuanya bekerja di luar negeri. Meg memiliki bakat unik, yaitu ingatan fotografis. Dengan bakatnya itu, Meg bisa mengingat apa pun hanya dengan sekali pandang.


3. RYU AMAKUSA (天草流)
 
  Nama panggilan: Ryu
  Umur : 14 tahun
  Warna rambut : Biru
  Berat badan : 47 kg
  Tinggi badan : 168 cm
  Gol darah : A (sama kayak gue gitu)
  Ryu adalah anak jenius yang memiliki sifat pendiam dan dingin. Tapi, setelah cukup lama berteman dengan anggota Q class yang lain, ia menjadi lebih hangat dan sering tersenyum. Ia adalah cucu dari King Hades (pemimpin meiosei) yang merupakan anak kandung dari Takumi Kuzuryu. Ketika orang tuanya meninggal, ia diurus oleh seorang pengawas yang ditunjuk oleh Meiosei. Anehnya, Ryu malah dimasukkan ke DDS yang nyata-nyata adalah sekolah milik musuh bebuyutan Meiosei. King Hades juga tidak mencegah Ryu untuk bergaul dan tinggal serumah dengan Kyu setelah kabur dari rumah. Ternyata, tujuan King Hades adalah agar Ryu mengalami apa yang dulu King Hades alami, yaitu kehilangan kepercayaan sehingga kelak Ryu akan bersedia menjadi penerusnya. Akan tetapi, Ryu yang sempat menyetujui permintaan Meiosei akhirnya menolaknya mentah-mentah dalam pertempuran terakhir antara Meiosei melawan DDS. Akhirnya, terungkap bahwa ayah Ryu, Shizuka Amakusa, yang disangka mati bunuh diri, ternyata masih hidup dan hanya dihipnotis oleh Meiosei. Ucapan khas Ryu adalah "Akhirnya kabut pun menghilang..." dan "Teka-teki semakin dalam...". Wajahnya yang tampan, tubuhnya yang "cantik", dan kemampuan otaknya yang sulit diprediksi membuatnya digandrungi oleh Kuniko Toya, siswi A Class. Selain itu, banyak pula cewek yang mengakui ketampanannya seperti dalam kasus di Perguruan Shibusawa dan Perguruan Himeyuri.

4. KINTARO TOYAMA (遠山金太郎)
   Nama panggilan : Kinta
   Umur : 18 tahun
   Warna rambut : hitam
   Tinggi badan : 180 cm
   Kinta adalah anak dari komisaris Kinzaburo Toyama, seorang petinggi kepolisian yang terkenal dan disegani. Kinta adalah anggota Q Class yang mengandalkan kekuatan fisik, tetapi penakut. Diantara anggota Q class, dia adalah satu-satunya yang paling buruk dalam analisis. Ia adalah keturunan Klan Toyama yang berprofesi sebagai detektif sejak Zaman EdoKinta mengantongi Dan 3 untuk judo dan karate serta Dan 4 untuk karate yang didapatnya bersama dengan teman masa kecilnya, Sumire Chikamatsu. Ia juga mahir dalam olahraga atletik dan berenang. Walaupun demikian, Kinta adalah yang terlemah dalam hal analisis kasus karena hanya mengandalkan insting liarnya. Selain memiliki insting yang kuat, ia mempunyai daya penglihatan 4.0 yang tajam dari jarak jauh dan mempunyai penciuman yang tajam.

5. KAZUMA NARUSAWA (鳴沢数馬)
    Nama panggilan : Kazuma
    Umur : 11 tahun
    Kazuma adalah seorang anak SD jenius yang dikenal sebagai pembuat permainan video handal. Saat berusia tujuh tahun, Kazuma sudah mengembangkan perangkat lunak permainan video buatannya sendiri. Permainan video buatannya laku keras secara berturut-turut sehingga ia dijuluki sebagai programer jenius.

    Selain itu, Kazuma adalah pemecah kode yang handal. Dengan bekal sebuah laptop, internet, dan program-program buatannya, keberadaanya sangat penting di Q Class untuk ikut membantu memecahkan kode-kode rahasia yang ditemukan dalam kasus-kasus yang dihadapi. Kazuma adalah putra ketiga Takuma Narusawa, seorang konglomerat yang memimpin perusahaan Narusawa Industry dan memiliki rumah yang besar serta beberapa resor yang tersebar di seluruh Jepang. Kemampuan Kazuma adalah memecahkan kode dan menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan data, kode, dan perhitungan matematis dengan bantuan komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar