Sabtu, 31 Desember 2011

Sumai-sumai

   Sumai-sumai adalah sebutan orang sumatera untuk makhluk jadi-jadian. Sumai-sumai meniru wujud manusia, baik yang masih hidup, maupun yang sudah mati. Mungkin bapak-bapak mata merah di postingan gue sebelumnya bisa jadi adalah sumai-sumai. Biasanya, penampakan ini muncul jika hari mulai gelap, apalagi kalo di daerah yang banyak pohon besar. Hati-hati! kalau lagi di tempat itu jangan sekali2 neriakin nama temen atau apapun, sebab saat kita panggil nama orang itu, sumai2nya akan menampakan diri dengan berubah menyerupai orang yang kita panggil. Kalo seandainya lo berada di tengah hutan (walau masih terang) dan temenlu ada yang ilang, mending lu teriakin aja inisial namanya AAAAAA atau BBBBBB, dsb.
   Oke, sekarang gue mau cerita tentang tante gue. Di perumahan tempat tante gue tinggal emang rada serem kalo malem. Di sana banyak pohon2 gede, dan kalo malem-malem, biasanya suka ada tuh setan ataupun sumai. Pada suatu malem tante gue ketemu. Awalnya tante gue gak terlalu curiga. Orang itu bertanya2 dengan tante gue. Beginilah kurang lebih percakapannya:
Orang yang diduga orang gila padahal mah sumai (OYDOGPMS): "Bu, lihat anak sama suami saya gak?"
Tante gue (TG): "Enggak, emangnya anak sama suami ibu kayak gimana?
OYDOGPMS: "Masa sih bu? Baru aja lewat kok. Tadi mereka pake motor"
TG : "Enggak bu saya gak liat. Ibu kenapa gak tunggu di rumah aja?"
OYDOGPMS: "Yah bu, rumah saya jauh bu"
TG : "Emang ibu dari mana?"
OYDOGPMS : Dari rumah saya lah"
TG : "(dlm hati: wah gk waras ni orang) Emang rumah ibu dimana?"
OYDOGPMS : "Di rawa sana (di deket rawa ada rumah kosong)"
lanjutannya gue agak lupa yang jelas akhir2nya gini:
OYDOGPMS : "Ibu udah punya anak bu?"
TG : "Udah"
OYDOGPMS : "Umur berapa bu?"
TG : "5 tahun"
OYDOGPMS : "Wah enak masih blm bandel. Anak saya tuh bu, parah banget. Masa ibu sendiri dipukulin terus. Tuh dia bu. Sini deh bu itu tuh bu anak saya tuh bu"
TG : "(dlm hati : kayak gitu kok diceritain ya? wah bener gila nih org) gak ah bu"
OYDOGPMS : "Anak saya tuh emang parah banget, ibunya aja dipukulkin sampe mati. Saya aja jadi ngeri bu"
TG : "Di pukulin sampe mati? siapa?"
OYDOGPMS : "Anak saya, mukulin ibunya"
TG : (dlm hati : lah lu kan ibunya)
tante gue pun masuk ke rumahnya

Besoknya, tante gue nanya sama tetangganya soal rumah di rawa itu. Ternyata rumah itu emang udah lama bgt kosong. Dan ternyata, yang denger suaranya ibu2 semalem itu cuma tante gue. Om gue aja gak denger, padahal dia ada di belakang tante gue

Tidak ada komentar:

Posting Komentar